Halaman

Kamis, 05 November 2020

RPP kLS X1 Semester 1tahun ajaran 2020/2021

 

Pernikahan kristen

Ø Pernikahan adalah persekutuan yang ekslusif seumur hidup antara seorang pria dan seorang wanita. Pernikahan adalah satu komitmen antara seorang laki-laki dan perempuan yang melibatkan hak-hak seksual secara timbal balik. Pernikahan adalah satu lembaga yang ditetapkan Tuhan bagi semua orang, bukan hanya orang Kristen saja, tetapi untuk semua orang.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan   :    SMAN 8 LUWU-TIMUR

Mata Pelajaran         :    Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti

Kelas / Semester        :    XI / Ganjil

Materi Pokok            :    Pernikahan Kristen

Alokasi Waktu          :    3 JP (pertemuan ke 1)

 

A.    Kompetensi Inti (KI)

·         KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

·         KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

 

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1.2.Menghayati nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga dan pernikahan

1.2.1      Memahami dan menanamkan sikap menghargai sebuah pernikahan

1.2.2  Memahami kekhasan suatu pernikahan

2.2.Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga dan pernikahan

 

1.2.1   Mewujudkan sikap menerima kelebihan dan     

          kekurangan dalam pernikahan

1.2.2   Mewujudkan sikap tanggungjawab dalam

          keluarga

3.2     Menganalisis pentingnya nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga dan pernikahan

3.2.1         Mengidentifikasi permasalahan dalam keluarga

3.2.2         Mengungkapkan pentingnya mempersiapkan pernikahan

3.2.3         Menjelaskan makna pernikahan serta nilai-nilai yang harus dibangun dalam pernikahan Kristen

3.2.4         Mengidentifikasi kekhasan pernikahan Kristen

4.2  Membuat karya yang berkaitan dengan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan keluarga dan pernikahan

 

 4.2.1     Menganalisis penyebab tingginya tingkat   

              Perceraian dan merumuskan solusinya.  

              Dilakukan dalam bentuk wawancara.

.

 

C.        Tujuan Pembelajaran

Melalui pembelajaran Discovery Learning, peserta didik diharapkan  dapat memahami arti sebuah pernikahan kristian dengan menanamkan,dan memiliki sikap menghargai suatu pernikahan dan bisa saling menerima kelebihan dan kekurangan dalam sebuah pernikahan dalam mewujudkan keluarga sebagai gereja domestic. 

D.    Materi Pembelajaran :

1.      Materi Pembelajaran

a.       Fakta:

-       Banyaknya kasus perceraian dalam keluarga

-        Kurangnya kematangan dalam memasuki pernikahan yang benar.

-        Kurangnya penanaman nilai-nilai kristiani dalam keluarga

b.     Konsep:

-          Pengertian pernikahan Kristen

-          Pentingnya kematangan dalam membangun keluarga

-          Pentingnya memahami nilai-nilai kristiani dalam keluarga

-          Serta mengarahkan keluarga menuju gereja Domestik

c.       Prinsip:

-          Menghargai kekudusan pernikahan

-          Dapat saling melengkapi dalam keluarga

-          Membangun keluarga yang menuju gereja domestic.

d.      Prosedur

-             Dapat mengklasifikasikan tantangan yang dihadapi dalam keluarga masakini, serta dapat membuat refleksi pribadi tentang arti sebuah pernikahan

2.      Materi Pembelajaran Remedial

-             Melakukan wawancara kepada orangtua mereka tentang perjalanan keluarga mereka dan membuat refleksi sebagai perenungan.

3.      Materi Pembelajaran Pengayaan

-              Makna kasih dan pengorbanan dalam sebuah keluarga.

E.     Metode Pembelajaran :

1.      Pendekatan :    Saintifik

2.      Model          :    Discovery Learning    

3.      Metode        :    Tanya jawab dan diskusi

 

F.     Media Pembelajaran :

1.    Alat     :  Laptop

2.    Bahan  :  Slide Power Point, Kertas Plano

3.    Media  : Video tentang perceraian dalam keluarga

 

G.    Sumber Belajar :

ü  Alkitab, LAI

ü  Buku Guru PAK dan Budi Pekerti SMA Kelas XII Edisi Revisi 2018, Kemdikbud

ü  Buku siswa PAK dan Budi Pekerti SMA Kelas XII Edisi Revisi 2018, Kemdikbud

 

ü  Buku PAK dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA/SMK K 13 Edisi Revisi, BPK, 2019

ü  Internet – youtube

ü  Keluarga masing-masing

H.    Langkah-langkah Pembelajaran :

 

No

Kegiatan Pembelajaran

HOTS / 4C / Karakter / Literasi

Alokasi Waktu

 

Pendahuluan

 

 

1

2.

 

3.

 

4.

 

5.

6.

 

 

 

 

.

Memberi Salam

Mengecek kehadiran, kerapihan berpakaian dan kesediaan menerima materi

Meminta salah satu peserta didik memimpin pujian, doa dan membaca satu/dua ayat Alkitab

(Kej. 2:24)

Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan bersama lagu “bahasa cinta

Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran

 

 

Pembinaan Karakter

Pembinaan Karakter

 

Literasi

 

 

 

 

Komunikasi

 

 

10 menit

 

Kegiatan Inti

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

Mengamati

ü  Guru menyajikan bahan kajian berupa video makna sebuah pernikahan http://youtu.be/zwA8yuCvjbM

ü  Peserta didik melihat dan mengamati video

ü  Peserta didik menanggapi video yang ditampilkan

ü  Peserta didik diminta membaca Alkitab: Kej.2:24, Yoh. 15:9-17, Efesus 5:22-33

ü  Guru menyampaikan penjelasan pengantar materi tentang Pentingnya pernikahan Kristen

Problem Statement (mengidentifikasi masalah)

Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok

Peserta didik diminta untuk :

Ø  Mengidentifikasi motivasi Herman dalam menikah (Buku siswa Hal. 44-45)

Ø  Mengidentikasi kasih yang harus digambarkan dalam keluarga

 

Mengasosiasikan? menalar

©  Berdiskusi :

©  Peserta didik berdiskusi dalam kelompok

©  Menuliskan Jawaban dalam kertas panel yang dibagikan

©  Menempelkan lambang kasih pada hasil diskusi

 

 

© Mengkomunikasikan :

© Peserta didik melaporkan hasil diskusinya dan saling memberikan tanggapan dan masukan dari hasil kerja kelompok.

©  Menempelkan hasil kerja kelompok dalam ruangan kelas

Generalization (menyimpulkan)

v  Peserta didik bersama menyimpulkan hasil diskusi dituntun oleh guru.

v  Guru memberikan penjelasan singkat tentang gambaran pernikahan menuju gereja keluarga.

 

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: jujur, toleransi, disiplin, kerja sama, tanggungjawab, kreatif, rasa ingin tahu.

 

 

 

 

 

Literasi

 

 

Komunikasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berpikir kritis

 

 

Komunikasi

 

 

 

Berpikir kritis

 

Kreativitas

 

 

 

Komunikasi

 

 

 

 

 

 

Kolaborasi

 

Kreativitas

 

 

 

 

 

 

 

25 menit

 

Penutup                                       

 

 

1.

 

2.

 

3.

  4

 

 

.

Guru bersama-sama peserta didik memberikan kesimpulan materi pembelajaran

Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran

Menyanyi dan berdoa

penutup                          

Komunikasi

 

Kreatif

 

Kreatif

 

Pembinaan Karakter

5 menit








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI

                                                                             PERNIKAHAN KRISTEN https://youtu.be/ytsgAMYAzTk 2.       Pentin...